Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SDN 213 Lagoci
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.9Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktifitas belajar siswa berada pada ketgori cukup dan hasil belajar siswa berada pada kategori kurang (K) kemudian pada siklus II aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan yakni berada pada kategori baik dan hasil belajar siswa juga berada pada kategori baik (B). Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 213 Lagoci
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryanto, 2007. Evaluasi Pendidikan Jakarta. Rineka Cipta.
Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. Araska.
Ni Putu Suryanita SP, dkk (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 2 No. 3, Oktober 2019 P-ISSN : 2621-5713, E-ISSN : 2621-5705
Slavin, R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, Dan Praktik. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tjandra, Made, dkk. 2005. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Bahan Ajar. Singaraja: Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIPN Singaraja.