Pengaruh Strategi pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar Matematika Siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 89 Jampu Kabupaten Soppeng

Authors

  • Susianti Susianti Universitas Lamappapoleonro
  • Nurul Wahyuliani Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i1.29

Keywords:

Stategi Pembelajran inquiri, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang terlihat pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 89 jampu kabupaten soppeng. Beranjak dari masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 89 jampu kabupaten soppeng sebelum penggunaan strategi pembelajaran inkuiri?. (2) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 89 jampu kabupaten soppeng setelah penggunaan strategi pembelajaran inkuiri?. (3) Bagaimanakah pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 89 jampu Kabupaten soppeng. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan jenis pre-experiment dengan disain pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SD 89 jampu yaitu kelas IV, V dan VI yang berjumlah 38 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proporsional Sampling dengan jumlah sampel yakni 10 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test

References

Asril.2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Minasa Upa Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitaif dan Kualitatif (Edisi Revisi Korelasional, Eksperimen, Ex Post Facto, Etnografi, Grounded Theory, Action Research). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Meyrasari,Hasna,Fadhilla.2020. Pengaruh Strategi Pembelajaran iknkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Muhammadiyah 02 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Salim, Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis, Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sukardi. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.

Syahrum. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Cita Pustaka Media.

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual (Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.

Yaumi,Muhammad. 2017. Media dan Teknologi, Jakarta: Pienadamedia.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Susianti, S., & Wahyuliani, N. (2023). Pengaruh Strategi pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar Matematika Siswa kelas IV, V dan VI SD Negeri 89 Jampu Kabupaten Soppeng. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i1.29