Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecematan Liliriaja Kabupaten Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.10Keywords:
Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar, MatematikaAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Hubungan antara perhatian orang tua (X1) dengan prestasi belajar matematika (Y). (2). Minat belajar (X2) dengan prestasi belajar matematika (Y). (3). Perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) dengan prestasi belajar matematika (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif. Dengan populasi seluruh siswa SD Negeri 88 Lonrong yang berjumlah 53 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data untuk variabel perhatian orang tua dan minat belajar dengan menggunakan angket. Sedang untuk variabel prestasi belajar matematika dengan data yang berupa nilai raport semester dua. Angket perhatian orang tua dan minat belajar masing-masing sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,430 dan p = 0,032 . 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng, dengan koefisien korelasi sebesar 0,499 dan p = 0,011 . 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 88 Lonrong Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Tahun Ajaran 2016, dengan koefisien korelasi sebesar 0,539 dan p = 0,023
References
Ahmadi. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Anni, Chatarina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UNSP.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Bagus, Santoso. 2010. Korelasi Antara Perhatiian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan
Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SDN Gembongan Sentolo Kulon Progo Tahun 2010. Skripsi. Yogyakarta: FIP UNY.
Binti Maunah. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Dimyati dan Mujiono. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, Iqbal. 2004. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kartini, Kartono. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada. Mappa, Syamsu. 2013. Aspirasi Lingkungan Sosial dan Prestasi Belajar. Jakarta: IKIP.
Mappiare A.T, Andi. 2006. Kamus Istilah Konseling & Terapi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Natawijaya, Rochman. 2006. Pengukuran Skala Sikap. Bandung: Tarsito.
Rifai, Melly Sri Sulastri. 2003. Bimbingan Perwatakan Anak. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soekanto, Soerjono. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suherman, Eman dan Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.