Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

Authors

  • Musdiya Rahma Universitas Lamappapoleonro
  • Yulia Universitas Lamappapoleonro
  • Andi Safar Adi Guna Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.14

Keywords:

Penerapan metode, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran di SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, (2) Untuk mengetahui bagimana minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone, (3) Untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat belajar dan variabel bebasnya adalah penerapan metode Pemanfaatan Lingkungan Sekolah. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone dengan sampel yang berjumlah 60 orang. Dalam penelitian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas V.A 30 orang menggunakan penerapan metode Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dan 30 orang  tidak menggunakan penerapan metode Pemanfaatan Lingkungan Sekolah. Tahapan pengambilan sampel diambil dengan teknik porposive sampling, yakni teknik pengambilan sampel secara sengaja. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen angket untuk mengukur tingkat minat belajar dan lembar observasi untuk mengamati kondisi, situasi, proses, dan perilaku pada saat penerapan metode pembelajaran berlangsung, yaitu dari tahap awal sampai tahap akhir. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa; (1) Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran di SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone meningkat (2) Minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone meningkat (3) Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran berpengaruh terhadap minat belajar murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

References

Ahmadi, Abu. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Akdon, Riduwan. (2017). Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Anshari, Hafi. (1982) Pengantar Ilmu Pendidikan Surabaya: Usaha Nasional.

Bimo, Walgito. 2010. Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Crow D dan Crow A. 2008:212. Psikologi Pendidikan. (Terjemahan Casiden Z. Education Psychology) Surabaya : PT Bina Ilmu.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Freire, Paulo. (2002). Pendidikan Masyarakat Kota. Yogyakarta: Lkis,.

Hasbullah. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Khodijah, Nyayu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moh. Uzer Usman. (2001). Menjadi Guru Pendidik. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution. (1982) Metode Research. Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution. (1985). Alat Peraga dalam Pembellajaran. Jakarta :Rineka Cipta.

Nasution. (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nurjiono, E. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Bekerjasama Siswa SD Negeri 1 Amparita Kabupaten Sidendreng Rappang. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM.

Rohani, Ahmad. 2004 Pengelolaan Pengajaran, Cet. II, Jakarta: PT Asdi Mahasatya,

Sadirman A.M. (2010) .Interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada

Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Sudjana Nana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suhana, Cucu. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika

Aditama. Freire, Paulo. (2008). Pendidikan Masyarakat Kota. Yogyakarta: Lkis.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta:Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Rahma, M., Yulia, Y., & Adi Guna, A. S. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Murid SD Inpres 6/75 Corawali Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.14