Integrasi literasi Sains dan Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di SDN 44 Sekkanyili Kab. Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v3i2.56Keywords:
Literasi sains, teknologi digital, pembelajaran IPA, keterampilan abad 21, evaluasi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi literasi sains dan teknologi digital dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 44 Sekkanyili Kabupaten Soppeng. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, literasi sains siswa masih rendah, ditunjukkan dengan kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPA secara mendalam. Setelah penerapan integrasi teknologi digital berupa video interaktif, simulasi, dan aplikasi pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, antusias, serta menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi literasi sains dan teknologi digital memiliki dampak positif terhadap pengembangan keterampilan abad 21 siswa sekolah dasar
References
Binkley, M. (2022). Teaching and Assessing 21st Century Skills. Journal of Educational Research, 15(2), 45–60.
Kemdikbudristek. (2024). Kurikulum Merdeka Belajar. Jakarta: Kemdikbudristek.
OECD. (2021). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Pratama, R. (2022). Digital Learning Media in Science Education. Indonesian Journal of Science Education, 10(1), 15–27.
Rahmawati, D. (2023). Improving Science Literacy through Digital-Based Experiment Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 211–225.
Sari, M. (2021). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 101–113.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
UNESCO. (2023). Digital Education for All. Paris: UNESCO Publishing.
World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020. Geneva: WEF.
Yuliana, A., & Putra, H. (2022). Literasi Sains Siswa SD dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal PGSD, 9(1), 55–70.