Membangun Masa Depan: Peran Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Inovasi Kurikulum Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v3i2.55Keywords:
IPTEK, Inovasi, Kurikulum, Era DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sebagai katalisator inovasi kurikulum di era digital. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini menganalisis berbagai literatur yang relevan untuk memahami bagaimana integrasi teknologi digital seperti internet, perangkat lunak edukatif, platform pembelajaran daring, serta teknologi AI, VR, dan AR mengubah paradigma pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IPTEK tidak hanya menjadi alat bantu pembelajaran, tetapi juga memfasilitasi pengembangan model kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap perubahan zaman. Strategi pengembangan kurikulum di era digital meliputi penguatan literasi digital dan karakter siswa, penggunaan pembelajaran berbasis proyek, pelatihan dan pengembangan profesional guru, dukungan kebijakan dan sumber daya yang memadai, serta kolaborasi antara institusi pendidikan, pemerintah, dan masyarakat. Meskipun demikian, implementasi inovasi kurikulum menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses internet dan perangkat teknologi, serta kesiapan guru yang terbatas dalam literasi digital. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi dapat bersinergi dengan ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik di era digital
References
Aji, B., Putri, I. K. C., Mahestra, R. R., Khasanah, S. U., & Putri, L. A. (2023, December). Mendekonstruksi Pendidikan Digital: Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) Sebagai Katalisator Transformasi Pendidikan Berbasis Riset dan Inovasi. In Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan (Vol. 1, No. 1, pp. 23-30).
All, M. A. A. H., Kamaruddin, S. A., & Ahmadin, A. (2024). Inovasi Kurikulum: Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengembangan Kurikulum Di Era Digital. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 4(1), 1232-1237.
Arisanti, I., Rasmita, R., Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada, M. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5195-5205.
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121-13129.
Nst, S. A., & Asfiati, A. (2025). Inovasi Kurikulum Berbasis Teknologi Dalam Pendidikan Abad 21. PeTeKa, 8(1), 178-189.
Puspitasari, E. (2024). SDGs-based adaptive curriculum model to improve education quality in the digital age. Inovasi Kurikulum, 22(1), 1-12.
Putra, J. E., Sobandi, A., & Aisah, A. (2024). The urgency of digital technology in education: a systematic literature review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 224-234