Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar: Solusi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v3i1.49Keywords:
Teknologi, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan meningkatnya akses terhadap teknologi digital, metode pembelajaran tradisional sering kali dianggap kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan alat digital seperti aplikasi pembelajaran, media interaktif, dan platform online diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi kelas, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi tidak hanya meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan berbahasa mereka. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan bagi guru dan infrastruktur yang tidak memadai perlu diperhatikan agar integrasi teknologi dapat berjalan efektif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan kebijakan pendidikan yang kuat serta pelatihan berkelanjutan bagi pendidik untuk memaksimalkan potensi teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia
References
Hamalik, O., & Sari, D. (2023). Integrasi teknologi dalam pengajaran bahasa: Penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Sebuah studi kasus di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 107-118.
Mukmin, M., & Primasatya, A. (2020). Penerapan inovasi digital dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 45-56.
Natalia, R., & Setiawan, A. (2020). Analisis peningkatan kemampuan berbahasa Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(4), 234-245.
Prabowo, H., & Rahmawati, E. (2024). Mengintegrasikan teknologi untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia di daerah terpencil. Journal of Education and Learning Technology, 12(1), 15-29.
Sari, L., & Junaidi, A. (2023). Teknologi digital: Integrasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(3), 200-215.
Setiawan, B., & Yulianti, M. (2024). Evaluasi penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar: Tantangan dan solusi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(5), 3580-3592.
Supriyadi, R., & Fitria, N. (2023). Integrasi teknologi pendidikan dalam menganalisis kesalahan fonologis pada pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 11(2), 99-110.
Widiastuti, E., & Handayani, S. (2024). Pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Tinjauan dari perspektif guru dan siswa. Technology in Education Journal, 6(1), 50-65.