Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Shared Reading Berbasis Buku Cerita Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa di UPTD SPF SDN 88 Lonrong

Authors

  • Susianti Susianti Universitas Lamappapoleonro
  • Risma Lestari Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.16

Keywords:

Shared Reading, Berbasis Buku Cerita, Minat Baca, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia yang diberikan perlakuan berupa penerapan pendekatan shared reading dibandingkan dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan. Pendekatan pembelajaran shared reading berbasis buku cerita dinyatakan berpengaruh karena meningkatkan minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil uji independent sample t- test pada hipotesis I diperoleh nilai sig. sebesar 0,003 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, pada hipotesis II diperoleh nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dan hasil uji Manova,  diperoleh nilai sig. 0,00 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, di karenakan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hal itu, maka dapat dinyatakan bahwa pendekatan pembelajaran shared reading berbasis buku cerita berpengaruh terhadap minat baca dan hasil belajar bahasa Indoensia siswa kelas kelas tinggi yakni kelas IV, V dan VI SDN 88 Lonrong. Shared reading memiliki kelebihan yaitu dalam penerapannya, diantaranya penemuan eksplorasi, ekspresi mandiri dan pengalaman

References

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press.

Dharma,Aditya. 2019. Pengembangan buku cerita anak bergambar dengan insersi budaya local bali terhadap minat baca dan sikap siswa kelas V SD Kurikulum 2013

Dugger, Paula. 2019. What is Shared Reading?,(Online), https://www.hameraypublishing.com/pages/what-is-shared-reading , [diakses, 1 juni 2021]

Faizah, Umi . 2016. Pengantar Keterampilan Berbicara (Berbasis Cooperative Learning Think Pair Share ). Yogyakarta. Media Perkasa.

Halimatusssakdiyah, 2017. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia Pada Mahasiswa PGSD, Universitas Negeri Medan: Unimed Press.

Hidayat, R. (2018). Kemampuan Menceritakan Kembali Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Universitas Negeri Medan.

Kotaman, H., & Balci, A. 2016. Impact of storybook type on kindergarteners’ storybook comprehension. Early Child Development and Care, http://dx.doi.org/10.1080/03004430.2016.1188297

Muhsyanur. 2019. Pengembangan Keterampilan Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa Reseptif. Sulawesi Selatan: Uniprima Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: IKAPI

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Susianti, S., & Lestari, R. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Shared Reading Berbasis Buku Cerita Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa di UPTD SPF SDN 88 Lonrong. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.16