Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Perbandingan Penerapan Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.7Keywords:
Kurikulum 2013, kurikulum merdeka belajar, matematika, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar terdap hasil belajar matematika siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain ex-post facto, prosedur pengumpulan data di mulai dari penentuan sampel dilakukan dengan Teknik random sampling, pengumpulan data primer berupa hasil ujian tengah semester pada mata pelajaran matematika serta populasi dan sampel penelitian yaitu siswa kelas III Nicolaus dengan jumlah siswa 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum merdeka belajar diterapkan di SD Frater bakti luhur pada tahun 2022 yaitu pada semester genap, penelitian ini membandingkan antara penerapan kurikulum 2013 pada semester ganjil dan penerapan kurikulm merdeka belajar pada semsester genap. Penerapan kurikulum merdeka belajar tidak lagi berbasis tema melainkan mata pelajaran yang diampuh oleh masing-masing guru berdasarkan kesepakatan tentang bidang studi apa yang akan diajarkan, penerapan kurikulum merdeka mulai diadopsi dengan baik oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis data terjadi perbedaan yang signifikan terhadap hasil ujian tengah semester di semester ganji (penerapan kurikulum 2013) dan hasil ujian tengah semester di semester genap (penerapan kurikulum merdeka belajar) setelah diberlakukan uji paired sample t-test yang menunjukan terjadinya perbedaan signifikan dari perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas III nicolaus di SD frater bakti luhur kota makasssar
References
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif Pembelajaran Jarak Jauh di masa pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 40. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803
Bonal, X., & González, S. (2020). The impact of lockdown on the learning gap: family and school divisions in times of crisis. International Review of Education, 66(5–6), 635–655. https://doi.org/10.1007/s11159-020-09860-z
Dian, Lestari.2018. Analisis penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di SMA negeri sekolta Palembang. Jurnal. Vol 2 (no 1). 69-70.
Eri Sutrisno. (2021). Mengenal dan Menjadi Sekolah Penggerak. Indonesia.Go.Id
Faiz, A., & Faridah. (2022). Program Guru Penggerak sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88.
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma baru dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Kurniawan, Noviana.2017. penerapan kurikulum 2013 dalam meningkatkan keterampilan, proses, dan pengetahuan.jurnal. vol 6 (no 2). 390-391 https://media.neliti.com/media/publications/258351-penerapan-kurikulum-2013-dalam-meningkat-5f734270.pdf
Muin, abdul.2012. Meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan aplikasi moodle. Jurnal vop 7(1). 7476. https://doi.org/10.21831/pg.v7i1.2838
Munir (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Cet.I Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media . 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sajaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Konsideran Menimbang., (2003).
Kemendikbud. (2019). Empat pokok kebijakan merdeka belajar. Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id.
Kemendikbud. (2021). 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter. Ditsmp.Kemdikbud.Go.Id.