Pengaruh Penerapan Model Team Games Tournament Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Literasi Sains

Authors

  • Veronica Resty Panginan Universitas Lamappapoleonro
  • Davina awaliyah Universitas Lamappapoleonro
  • Mufhliha ramadani Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.20

Keywords:

Model team games tournament, literasi digital, literasi sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model team games tournament berbasis literasi digital terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa prodi PGSD, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data di mulai dari penentuan sampel dilakukan dengan Teknik random sampling, pengujian instrument, pengambilan sampel pre test, melakukan penerapan model TGT berbasis literasi digital untuk mengukur literasi sains mahasiswa, dan pengambilan data post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbasis literasi digital dilakukan dengan enam tahapan yaitu : membaca, pembentukan kelompok, Pendalaman materi, membuat tulisan yang akan di tautan secara digital melalu  blog, melakukan tournament, mengumumkan pemenang. Pelaksanaan model TGT berbasis literasi digital terlaksanakan dengan baik dan kemampuan literasi sains berada pada kategori cakap, berdasarkan hasil analisis data terbentuk korelasi antara kemampuan mahasiswa saat melakukan pre-test dan post-test diperkuat dengan hasil uji paired sample t test yang menunjukan korelasi antara kedua tes dan terlihat berdasarkan perolehan rata-rata saat mengikuti pre test kemampuan lietrasi sains berapada pada kategoti dasar dan setelah dilaksanaan post test kemampuan literasi sains mahasiswa berada pada kategoti cakap. Jadi terdapat pengaruh terhadap penerapan model team games tournament berbasis literasi digital terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa prodi PGSD di Universitas Lamappapoleonro

References

Adikara, G.J.,dkk.2021. aman bermedia digital (kemeterian;G.J Adikara & N.Kurnia,ed). Derektorat jenderal aplikasi informatika

Arikunto.Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik.Jakarta : Rineka Cipta.

Iriantara, Yosal. (2009). Literasi Media. Cetakan Pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kurniawati, J dan Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. JKM, Vol. 8 (2).

OECD.2013.PISA,2015.Draf Science Framework.Paris:OECD

Pratiwi nani,dkk.2017. pengaruh literasi digital terhdap psikologi anak dan remaja.vol.6.n01(2017)

Puji novianto,dk.2021.Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya Dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks.vol.10 no.1 juni 2021 issn 2579-5899

Silvana,H & Darmawan,C.2018. pendidikanliterasi digital di kalangan usia muda di kota bandung.vol.16,no.2 (2018)

Sugyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taniredja, Tukiran., Faridli, Efi Miftah., & Harmianto, Sri. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Toharudin, dkk.2011.membangun literasi sains peserta didik. Bandung:Humaniora

Wisudawati dan sulityowati.2014. Metodologi Pembelajaran IPA.Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Resty Panginan, V., awaliyah, D., & Ramadani, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Team Games Tournament Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Literasi Sains. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 135–141. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.20