Pengaruh Penerapan Model Team Games Tournament Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.20Keywords:
Model team games tournament, literasi digital, literasi sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model team games tournament berbasis literasi digital terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa prodi PGSD, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan prosedur pengumpulan data di mulai dari penentuan sampel dilakukan dengan Teknik random sampling, pengujian instrument, pengambilan sampel pre test, melakukan penerapan model TGT berbasis literasi digital untuk mengukur literasi sains mahasiswa, dan pengambilan data post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT berbasis literasi digital dilakukan dengan enam tahapan yaitu : membaca, pembentukan kelompok, Pendalaman materi, membuat tulisan yang akan di tautan secara digital melalu blog, melakukan tournament, mengumumkan pemenang. Pelaksanaan model TGT berbasis literasi digital terlaksanakan dengan baik dan kemampuan literasi sains berada pada kategori cakap, berdasarkan hasil analisis data terbentuk korelasi antara kemampuan mahasiswa saat melakukan pre-test dan post-test diperkuat dengan hasil uji paired sample t test yang menunjukan korelasi antara kedua tes dan terlihat berdasarkan perolehan rata-rata saat mengikuti pre test kemampuan lietrasi sains berapada pada kategoti dasar dan setelah dilaksanaan post test kemampuan literasi sains mahasiswa berada pada kategoti cakap. Jadi terdapat pengaruh terhadap penerapan model team games tournament berbasis literasi digital terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa prodi PGSD di Universitas Lamappapoleonro
References
Adikara, G.J.,dkk.2021. aman bermedia digital (kemeterian;G.J Adikara & N.Kurnia,ed). Derektorat jenderal aplikasi informatika
Arikunto.Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik.Jakarta : Rineka Cipta.
Iriantara, Yosal. (2009). Literasi Media. Cetakan Pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Kurniawati, J dan Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. JKM, Vol. 8 (2).
OECD.2013.PISA,2015.Draf Science Framework.Paris:OECD
Pratiwi nani,dkk.2017. pengaruh literasi digital terhdap psikologi anak dan remaja.vol.6.n01(2017)
Puji novianto,dk.2021.Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya Dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks.vol.10 no.1 juni 2021 issn 2579-5899
Silvana,H & Darmawan,C.2018. pendidikanliterasi digital di kalangan usia muda di kota bandung.vol.16,no.2 (2018)
Sugyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran., Faridli, Efi Miftah., & Harmianto, Sri. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Toharudin, dkk.2011.membangun literasi sains peserta didik. Bandung:Humaniora
Wisudawati dan sulityowati.2014. Metodologi Pembelajaran IPA.Jakarta: Bumi Aksara