Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Evaluasi Pembelajaran di SD Cendekia Berseri

Authors

  • Veronica Resty Panginan Universitas Lamappapoleonro
  • Davina awaliyah Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i1.31

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, evaluasi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran anak berkebutuhan khusus ditinjau dari evaluasi pembelajaran di sekolah cendekia berseri kota Makassar, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teiknik pengumpulan data  observasi, wawancara, dan dokumentasi  untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran  anak berkebutuhan khusus ditinjau dari evaluasi pembelajaran di sekolah cendekia berseri yang melibatkan 13 siswa berkebutuhan khusus dari kelas 1 SD sampai 6 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran anak berkebutuhan khusus ditinjau dari evaluasi pembelajaran di sekolah cendekia berseri kota Makassar berdasarkan hasil observasi kelengkapan sekolah hingga penyedian terapis, wawancara guru dan dokumentasi dokumen pembelajaran yaitu RPP bagi anak autisme , ADHD,dan  speech delay, nilai hasil ujian siswa, dan instrument penilaian diagnostik serta pelaksanaan pembelajaran siswa berlangsung dengan baik dan menunjukkan  bahwa anak mengalami perkembangan pembelajaran dari sisi psikomotorik, afektif (bersosialisasi, menggungkapkan diri, dan kemandirian), dan kognitif (pembendaharaan kata dan penerapan nilai pembelajaran) yang di ukur dari instrument penilaian guru dan terapis

References

Arikunto.Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik.Jakarta : Rineka Cipta.

Dermawan,oki. 2013. Strategi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SLB. Jurnal. Bandar lampung : Institut agama islam negeri raden intan

Harrison, J. R., Soares, D. A., & Joyce, J. (2019). Inclusion of students with emotional and behavioural disorders in general education settings: a scoping review of research in the US. International Journal of Inclusive Education, 23(12), 1209–1231. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1444107 Lestari, K.M. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penel

Salim, Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis, Jakarta: Kencana.

Sugyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.

Tety Nur Cholifah. 2023. ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal. Malang : Universitas Islam Raden Rahmat

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.

Yarfin, L. O., & Suyadi. (2020). Pendidikan Akhlak Pada Anak Tunalaras Di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 68–85. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.503

Yaumi,Muhammad. 2017. Media dan Teknologi, Jakarta: Pienadamedia.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Resty Panginan, V., & Awaliyah, D. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Evaluasi Pembelajaran di SD Cendekia Berseri. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i1.31