Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Evaluasi Pembelajaran di SD Cendekia Berseri
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i1.31Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, evaluasi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran anak berkebutuhan khusus ditinjau dari evaluasi pembelajaran di sekolah cendekia berseri kota Makassar, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teiknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus ditinjau dari evaluasi pembelajaran di sekolah cendekia berseri yang melibatkan 13 siswa berkebutuhan khusus dari kelas 1 SD sampai 6 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran anak berkebutuhan khusus ditinjau dari evaluasi pembelajaran di sekolah cendekia berseri kota Makassar berdasarkan hasil observasi kelengkapan sekolah hingga penyedian terapis, wawancara guru dan dokumentasi dokumen pembelajaran yaitu RPP bagi anak autisme , ADHD,dan speech delay, nilai hasil ujian siswa, dan instrument penilaian diagnostik serta pelaksanaan pembelajaran siswa berlangsung dengan baik dan menunjukkan bahwa anak mengalami perkembangan pembelajaran dari sisi psikomotorik, afektif (bersosialisasi, menggungkapkan diri, dan kemandirian), dan kognitif (pembendaharaan kata dan penerapan nilai pembelajaran) yang di ukur dari instrument penilaian guru dan terapis
References
Arikunto.Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Pratik.Jakarta : Rineka Cipta.
Dermawan,oki. 2013. Strategi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SLB. Jurnal. Bandar lampung : Institut agama islam negeri raden intan
Harrison, J. R., Soares, D. A., & Joyce, J. (2019). Inclusion of students with emotional and behavioural disorders in general education settings: a scoping review of research in the US. International Journal of Inclusive Education, 23(12), 1209–1231. https://doi.org/10.1080/13603116.2018.1444107 Lestari, K.M. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penel
Salim, Haidir. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis, Jakarta: Kencana.
Sugyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas: Implementasi dan Pengembangan. Jakarta : Bumi Aksara.
Tety Nur Cholifah. 2023. ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal. Malang : Universitas Islam Raden Rahmat
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.
Yarfin, L. O., & Suyadi. (2020). Pendidikan Akhlak Pada Anak Tunalaras Di Sekolah Luar Biasa Prayuwana Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 68–85. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i1.503
Yaumi,Muhammad. 2017. Media dan Teknologi, Jakarta: Pienadamedia.