Penerapan Quizizz Dalam Bentuk (Qr-Code) pada Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 215 Mattampawalie untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.41Keywords:
Peningkatan motivasi, quizizz, paper mode QR-Code, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dan pembelajaran matematika yang masih ditakuti oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media quizizz dalam bentuk paper mode (QR-Code) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pelajaran matematika materi segi banyak di kelas tinggi SDN Mattampawalie pada semester genap 2024/2025. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif sedangkan hasil angket dan tes evaluasi peserta didik dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas tinggi SDN Matampawalie kabupaten soppeng pada mata pelajaran matematika materi segi banyak. Terdapat penigkatan dengan meningkatnya rata-rata motivasi belajar peserta didik dari kondisi awal sebesar 53% termasuk dalam kategori kurang sekali. Pada siklus I meningkat menjadi 73% dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik menjadi 76% dalam kategori baik. Hal tersebut juga di dukung dengan hasil observasi aktivitas peserta didik dan hasil tes evaluasi. Dari hasil tes evaluasi pada siklus I terdapat 18 peserta didik yang tuntas dan meningkat menjadi 24 peserta didik pada siklus II
References
Arsyad.2015. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Churniawati, Veny Dwi. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Sejarah Perkembangan Hadis Di kelas X MIPA 1 MAN 5 Jombang.
Citra, Cahyani Amidah.2020. Kefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidkan Administrasi Perkantoran (JAP).8(2).
Hamzah. 2016. Teori Motivasi dan pengkurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Hanifah,dkk.2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran ditengah Pandemi pada Siswa SmA. Jurnal Ilmiah Terapan Universitas Jambi, 4(2).170.
Latif, Nila Sari. 2022. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pserta Didik Melalui Pembelajaran E-Learning Berbantuan Quizizz. Jurnal Ilmiah BKD Makassar, 11(2). 1-14
Rubiati,n., dan Harahap, S.W. 2019. Aplikasi Absensi Siswa Menggunakan QR-Code Dengan Bahasa Pemprograman Php di SMK IT Zanurain Aqila Zahra Di Pelintung. Jurnal Informatika.Manajemen Dan Komputer, 11(1).62-70.
Rahman, Rahmania,dkk. 2020. Penggunaanaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.4(3).
Tiana Asna,dkk. 2021. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2 (6).943-952.
Yulia Isratul Aini. 2019. Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu, Kependidikan,2(25).2