Pengaruh Model PBL Berbantuan Papan Diagram Batang Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV

Authors

  • Lintang Puspitasari Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • luluk soraya Universitas Islam Nahdlatul Ulama' Jepara

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.26

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Papan diagram batang, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media papan diagram batang terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Wonorejo. Desain penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Selama penelitian, kelas IV dijadikan kelas eksperimen yang menerapkan PBL berbantuan media papan diagram batang sebagai metode pembelajaran. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest, serta dilakukan observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model PBL berbantuan media papan diagram. Selain itu, uji pengaruh juga menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan media papan diagram batang efisien dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penyajian data diagram batang. Hasil penelitian ini mendukung temuan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Penemuan ini juga sejalan dengan penelitian lain yang mengungkapkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata yang signifikan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan bukti bahwa penggunaan model PBL berbantuan media papan diagram batang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Temuan ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa

References

Abidin. i2014. iDesain iSistem iPembelajaran idalam iKonteks iKurikulum i2013. iBandung i: iRefika iAditana.

Agus iRubiyanto.(2021). iPengaruh iModel iProblem iBased iLeraning iTer i. iPengaruh iModel iProblem iBased iLeraning iterhadap iHasil iBelajar iSiswa. i iMahaguru i: iJurnal iPendidikan iGuru iSekolah iDasar iE- iISSN i: i2721 i– i7957 iVol. i2 iNo. i1 iHal i114 i– i121. i

Amir, iM. iF. i(2015). iProsiding iSeminar iNasional iPendidikan: iProsiding iSeminar iNasional iPendidikan, i(2011), i34–42.

Erna iFirtria iN. iDkk. i2021. iPengaruh iModel iPembelajaran iProblem iBased iLearning iBerbantuan iMedia ipapan iKompetisi ibangun idatar i(Pakom iBantar) iterhadap iPemahaman iKonsep iMatematika. iLPPM iPTMA i, iSekolah iTinggi iIlmu iEkonomi iMuhammadiyah iCilacap.

Fatimah, iF. i2012. iKemampuan iKomunikasi iMatematis idan iPemecahan iMasalah imelalui iProblem iBased-Learning. iJurnal iPenelitian idan iEvaluasi iPendidikan, i16(1), i249-259.

Fathurrohman, iM. i2020. iModel- iModel iPembelajaran iInovatif. iDepok i: iAR-RUZZ iMEDIA.

Ira iRahmi iMuinnah. i2019. iStrategi iPengenalan iCalisting iPada iAnak iUsia iDini idi iSentra iPersiapan iPAUD iTerpadu iAlam iBerbasis iKarakter i‘Sayang iIbu”. iUniversitas iIslam iAntasari, iBanjarmasin.

Komariyah, iN. i& iSantika iLya iDiah iP. i2021. iPengaruh iMedia iPADI i(Papan iDiagram) iterhadap iMinat ibelajar iSiswa ikelas iV. iProsiding iSeminar iNasioanal iTadris iMatematika i(SANTIKA) i.Institut iAgama iNegeri iPekalongan.

Nurul, iInayah. iet ial. i2021. iInteractive iPictorial iStory ias iLearning iMedia ifor iThird iGrade iStudents. iJurnal iProfesi iPendidikan iDasar i8 i(1)

Rusman. i2013. iModel-model iPembelajaran iMengembangkan iProfesionalisme iGuru. iJakarta: iRaja iGrafindo

Setiawan, iYohana. i2020. iPengembangan iModel iPembelajaran iMatematika iSD iBerbasis iPermainan iTradisional iIndonesia iDan iPendekatan iMatematika iRealistik. iJurnal iPendidikan iDan iKebudayaan i10 i(1)

Sundayana, iR. i2016. iKaitan iantara iGaya iBelajar, iKemandirian iBelajar, idan iKemampuan iPemecahan iMasalah iSiswa iSMP idalam iPelajaran iMatematika. iMosharafa: iJurnal iPendidikan iMatematika, i5 i(2), i75–84.

Suprihatiningrum, iJ. i2013. iStrategi iPembelajaran iTeori idan iAplikasi. iJogjakarta: iAr-Ruzz iMedia

Suryani, iAsiyatus. idkk. i2018. iPengaruh iMedia iPapan iDiagram iBatang iPada iModel iPembelajaran iKooperatif iTipe iThink iPairs iShare iTerhadap iHasil iBelajar iSiswa iPada iMateri iData iDan iDiagram iKelas iIV iSDN i04 iLoning. iProsiding iSeminar iNasional.

Widiasworo. i2018. iProblem iBased iLearning iTerhadap iPrestasi iBelajar. iBelajar iMengambdi iSurakarta, i4 i(pendidikan), i149-150.

Wulan iSutriyani i& iHerwin iWidyatmoko. i2020. iEfektivitas iModel iPBL i(Problem iBased iLearning) iMenggunakan iMedia iLagu iRumus iMatematuka iterhadap iHasil iBelajar iSiswa iKelas iV iSekolah iDasar. iJurnal iPendidikan iDasar i: iJurnal itunas iNusantara iVol. i2 iNo. i2 iHal. i220 i– i230

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Puspitasari, L., & soraya, luluk. (2023). Pengaruh Model PBL Berbantuan Papan Diagram Batang Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 175–182. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.26