PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 101 PAJALESANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.39Keywords:
Media Pembelajaran, Canva, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Sejalan dengan era digital sekarang, terdapat sejumlah teknologi digital yang dapat
dimanfaatkan tenaga pengajar untuk meningkatkan minat dan kreativitas peserta didik,
contohnya aplikasi canva. Canva merupakan platfrom desain grafis yang berasal dari
Australia yang digunakan untuk membuat grafik media sosial, presentasi, poster, dokumen
dan konten visual lainnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar merupakan
tantangan signifikan bagi seorang pendidik. Bahasa Indonesia bukan hanya menjadi alat
komunikasi sehari-hari, tetapi juga menjadi medium utama dalam proses penyampaian materi
pembelajaran. Oleh karena itu, pendidik perlu merancang metode pengajaran yang menarik
dan efektif untuk membangun pemahaman dan keterampilan berbahasa pada siswa.
Pemilihan strategi pembelajaran ini didasarkan pada pertimbangan bahwa metode ini
menggabungkan dua pendekatan yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses
pembelajaran, serta memiliki kemampuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa
Indonesia di Kelas V di SDN 101 Pajalesang. Hasil penelitian yang telah dilakukan
menujukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa
Indonesia pada siswa kelas V SDN 101 Pajalesang.
References
Afdhaluzzikri, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas Ii Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh
Barat (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.
PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.
https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Hafiz, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Kitabah di SMP IT
Brilliant Batusangkar Kelas 7. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 90-
Hapsari, Gita Permata Puspita., & Z. (2021). Analysis Of the Needs of Animated Video
Media Based on the Canva Application in Science. 6(April), 22–29.
Maryunani, M. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di
Masa Pandemi Melalui Aplikasi Canva untuk Kelas VI SDN Krembangan Selatan III
Surabaya. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 190-196.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran bahasa dan
sastra Indonesia jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79-96.
Rizanta, G. A., & Arsanti, M.( 2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media
Pembelajaran Masa Kini. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 560-568).
Seniwati, S., Sudarno, S., & Fatmasari, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Iklim
Organisasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Gugus
IV Tampan Pekanbaru. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.
https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.31- 42.2022
Suhartono, S., Susiani, T. S., Ngatman, N., Salimi, M., & Hidayah, R. (2022). Analisis
Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2172
Wahid, A. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran
Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,
(1), 23-27.