Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Murid SDN 141 Cennae

Authors

  • Nurul Azmy Rustan Universitas Lamappapoleonro
  • Irfandi Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.6

Keywords:

Kompetensi pedagogik, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar murid. Masalah utama dalam penelitian ini adalah terkait dengan kompetensi pedagogik atau kompetensi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran di kelas lebih dominan ditemukan fakta bahwa guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran, murid kurang aktif dan pembelajaran serasa membosankan karena metode yang digunakan oleh guru lebih dominan menggunakan metode ceramah yang merupakan metode konvensional, tidak hanya itu dari hasil observasi yang dilakukan selama kurung waktu 2 hari, selama proses mengajar di kelas guru tidak menggunakan media pembelajaran yang dapat memicu keaktifan murid dalam belajar. Jenis Penelitian yang digunakan Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto yang bersifat korelasional. Disebut ex-post facto karena fakta yang dikumpulkan sudah ada sebelumnya, dan bersifat korelasional karena yang akan diselidiki adalah pengaruh antara variabel. Dalam jenis penelitian ex-post facto yang pelaksanaannya tidak ada manipulasi kondisi karena kondisi yang diteliti telah terjadi sebelum penelitian dilaksanakan

References

Dr. Widarto, M.Pd. (2003). Penelitian Ex Post Facto. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Falachi, H., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2017). Pengaruh Penerapan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Tahun Pelajaran 2016/2017. Aksioma, 8(1), 9. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1508

Karom, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 13(2), 274. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113

Nurhalimah, Baisa, Asmahasanah (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mi I’anatusshibyan Nurhalimah – Hidayah Baisa – Salati Asmahasanah Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia 1, (1).

Salma. (2022, Agustus). Kompetensi Pedagogik: Pengertian dan Pentingnya Bagi Guru. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/kompetensi-pedagogik/

Saryati. (2014). Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar.Bahana Manajemen Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 2 (1).

https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3812

Tribagus Kuncoro Sakti, dkk (2019).Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. STKIP PGRI Tulungagung 28 (1). http://dx.doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818

(2005). UU RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sinar Grafika.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Rustan, N. A., & Irfandi, I. (2022). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Murid SDN 141 Cennae. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.6