Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Nurul Azmy Rustan Universitas Lamappapoleonro
  • Qalbi Universitas Lamappapoleonro
  • Arianto Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.18

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem based learning (PBL), Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SDN 178 Tanalle Kec Marioriwawo Soppeng. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan kelas (classroom action research)Adapun tahapan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Setiap siklus memiliki langkah-langkah utama sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahap tindakan selalu direvisi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan akurat. Proses pengolahan data pada penelitian ini menggunakan pendekatan analitis deskriptif. Penerapan model pembelajaran PBL di SDN 178 Tanalle memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian pada siklus I dan II, dengan skor rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat dari 76,67 menjadi 83,06 dan ketuntasan klasikal pembelajaran juga meningkat dari 72,22% menjadi 88,89%.

References

Amaliyah, R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 12 Surabaya. 12(2).

Auliah Sumitro H, Punaji Setyosari, Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 2 (9)

Irfandi, Rustan, N. A., & Regina. (2022). Pengaruh Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV di Gugus Xi Marioriwawo. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 42–55.

Nur, M., Nandu, A., & Nasrah. (2023). Metode outdoor learning dalam penerapannya. 8.

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.V1I2.155

Wulandari, E., Budi, H. S., & Suryandari, K. C. (2017). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajarn IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1), 6. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id

Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, I. W., Ayu, I. G., & Sri, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. 26(2), 260–267.

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Rustan, N. A., Qalbi, Q., & Arianto, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.18