Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 LUWU
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.13Keywords:
Hasil Belajar, Model VAK, TIKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran VAK terhadap hasil belajar TIK”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy experiment dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IA 1 dan XII IA 2 SMAN 4 Luwu dengan jumlah siswa 32 siswa pada kelas eksperimen dan 33 siswa pada kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data berupa test (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK yang diterapkan pada kelas eksperimen ,dapat mempegaruhi hasil belajar siswa secara signifikan pada pembelajaran TIK. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa dengan jumlah presentase relatif yang mencapai 81,25 % dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, hasil hipotesis pengujian menggunakan uji-t bahwa hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran VAK pada mata pelajaran TIK di SMN 4 Luwu
References
Akdon dan Riduwan. ( 2007). Rumus dan data dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta
B.Deporter. (2001). Quantum Learning. Bandung: Kaifa
Deporter, Reardon, dan Nourie. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah dan S. Bahri .(2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hadi dan Sutrisni (2004). Statistik. Yogyakarta.
Lestari and D. Reni, 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran VAK (visual, auditory, kinestetik) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Tanjungrejo 2 Malang. [Online] Available: http://library.um.ac.id/free-contents/new-karyailmiah/detail.php/52457.php.
Mahfuz and Asep. (2012). Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan “Berbasis Super Quantum Teaching. Bandung: Simbiosa Rekatama Putra
Martin and E. a. E. Wainright (1999). Managing Information Tecnhnology What Manage Need to Know. Bandung: Pearsom Education Internasional.
Murhada dan Giap (2011). Pengantar Teknologi Teknologi Informasi. Jakarta: Mitra Wacana.
O. Hamalik (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana dan Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2010). Satatistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumani dan Mukhlas. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya
Sunaryo dan Agus. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetik (VAK) Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN 2 ABEAN Tahun Ajaran 2013/2014. [Online}. Available : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4079
Wardiana anda Wawan. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian LIPI.