Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 LUWU

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sugeng A Karim Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Riana T Mangesa Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.13

Keywords:

Hasil Belajar, Model VAK, TIK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran VAK terhadap hasil belajar TIK”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy experiment dengan desain penelitian pretest-posttest kontrol group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IA 1 dan XII IA 2 SMAN 4 Luwu dengan jumlah siswa 32 siswa pada kelas eksperimen dan 33 siswa pada kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data berupa test (pretest-posttest) yang berjumlah 20 soal dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran VAK yang diterapkan pada kelas eksperimen ,dapat mempegaruhi hasil belajar siswa secara signifikan  pada pembelajaran TIK. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa dengan jumlah presentase relatif yang mencapai 81,25 % dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, hasil hipotesis pengujian menggunakan uji-t bahwa hasil penelitian  ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran VAK pada mata pelajaran TIK di SMN 4 Luwu

References

Akdon dan Riduwan. ( 2007). Rumus dan data dalam Analisis Statistik. Bandung: Alfabeta

B.Deporter. (2001). Quantum Learning. Bandung: Kaifa

Deporter, Reardon, dan Nourie. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah dan S. Bahri .(2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hadi dan Sutrisni (2004). Statistik. Yogyakarta.

Lestari and D. Reni, 2011. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran VAK (visual, auditory, kinestetik) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Tanjungrejo 2 Malang. [Online] Available: http://library.um.ac.id/free-contents/new-karyailmiah/detail.php/52457.php.

Mahfuz and Asep. (2012). Cara Cerdas Mendidik yang Menyenangkan “Berbasis Super Quantum Teaching. Bandung: Simbiosa Rekatama Putra

Martin and E. a. E. Wainright (1999). Managing Information Tecnhnology What Manage Need to Know. Bandung: Pearsom Education Internasional.

Murhada dan Giap (2011). Pengantar Teknologi Teknologi Informasi. Jakarta: Mitra Wacana.

O. Hamalik (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana dan Nana. (2005). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2010). Satatistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumani dan Mukhlas. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung :PT. Remaja Rosdakarya

Sunaryo dan Agus. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetik (VAK) Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Masalah Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN 2 ABEAN Tahun Ajaran 2013/2014. [Online}. Available : http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/4079

Wardiana anda Wawan. (2002). Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian LIPI.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Sukmawati, S., Karim , S. A. ., & Mangesa , R. T. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 4 LUWU. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 64–74. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.13