Pengaruh Pendekatan Stm (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV di Gugus XI Marioriwawo

Authors

  • Irfandi Irfandi Universitas Lamappapoleonro
  • Nurul Azmy Rustan Universitas Lamappapoleonro
  • Regina Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.11

Keywords:

Pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat), Sikap Ilmiah, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap sikap ilmiah siswa. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas IV di gugus XI Marioriwawo . Sampel penelitian ini yaitu sebagian peserta didik kelas IV di gugus 11 Marioriwawo yakni keseluruhan siswa kelas IV di UPTD SPF 178 Tanalle dan UPTD SPF SDN 141 Cennae tahun ajaran 2022/2023. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan uji hipotesis. Luaran penelitian yang diharapkan yaitu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengembangan penelitian yang akan datang, khususnya terkait pelaksanaan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, serta hasil penelitian ini dapat memotivasi guru untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, khususnya dalam meningkatkan sikap ilmiah siswa

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Barlia, L. 2008. “Sains untuk anak: Hakikat pembelajaran sains untuk Sekolah Dasar Cakrawala Pendidikan. 2(28): 107-117”.

Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Firdaus, Muhammad. 2010. “Pembelajaran Konvensional”. Tersedia pada http://muhfida.com/pembelajaran-konvensional//.

Hamid, H. 2011. ”Pengertian Pendidikan IPA dan Perkembangannya”. Tersedia pada http://zaifbio. wordpress. com/2010/04/29/ pengertian- pendidikan -ipa-dan-perkembangannya/. (diakses pada tanggal 22 Juni 2022).

Ichsan. 2008. “Tujuan Pendidikan Nasional dan Visi Misi”. Tersedia pada

http: //tunas63.wordpress.com/2008/11/07/visi-misi-dan-tujuan-pendidikan

nasional//.

. 2019. Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP).http://blogwirabuana.wordpress.com/2011/03/16/penilaian-acuan-norma-pan-dan-penilaian-acuan-patokan-pap/. Diakses pada 22 Juni 2022.

Latief, Mutmainnah. 2012. “Sains Teknologi Masyarakat”. Tersedia pada http://mutmainnahlatief.wordpress. com/2012/01/17/sains-teknologi-masyarakat/. (diakses tanggal 26 September 2022).

Made Dwipayana dkk.2017 Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia. Vol 7 No 2.

Poedjiadi, Anna. 2005. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poedjiadi, A. 2005. Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rahyuni Galuh, 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model PBM Dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.

Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Laporan Sabbatical Leave Model-model Pembelajaran. Singaraja: DIPA PNBP Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Riyanto, H. Y. 2010. Paradigma baru Pembelajaran:Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Siska Nugraheni, dkk.2015. Penerapan model guided inquiry terhadap sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa pada tema ekosistem.Unnes Science Educational Journal. Vol 4 No 3.

Suastra, I W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudana, Nyoman, dkk. 2010. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.

Winataputra, Udin S, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Wisudawati, A.W & E. Sulistyowati. (2017). Metodologi Pembelajaran IPA.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Irfandi, I., Rustan, N. A., & Regina, R. (2022). Pengaruh Pendekatan Stm (Sains Teknologi Masyarakat) Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Kelas IV di Gugus XI Marioriwawo. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 42–55. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.11