Penerapan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa Kelas 4 SDN Tidung Makassar
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.15Keywords:
Pendekatan Konstruktivisme, Pembelajaran Menulis, Teks AnekdotAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pretest kontrol group. Sampel penelitian ini terdiri dari 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan observasi dan tes. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dengan dua cara yaitu dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa model pembelajaran efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks anekdot pada siswa kelas 4 SDN Tidung. Perbandingan hasil kemampuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa nilai thitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai ttabel dengan db N-1=25-1 =24 dan to 0,388=2,08. Sementara thitung=3,069 dan ttabel = 2,08 (signifikan 0,38%). Dengan demikian, thitung 3,069 = > ttabel=2,08 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis alternatif (Ha) diterima apabila nilai thitung < nilai ttabel. Dengan kata lain, hipotesis diterima apabila nilai thitung lebih besar atau sama dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05%. Sesuai dengan hasil penelitian maka diajukan saran, yaitu guru khususnya untuk membelajarkan materi teks anekdot agar menggunakan model konstrktivisme agar pembelajaran lebih maksimal dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
References
Akhadiah, Sabarti. (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda Karya.
Sugiharto, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Hendy Guntur. (2005). Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.