Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Kurikulum 2013 terhadap Kedisiplinan Siswa UPT SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina

Authors

  • Evi Alfianti Universitas Lamappapoleonro
  • Andi Muhdar Universitas Lamappapoleonro
  • Andi Mappatokkong Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.8

Keywords:

Ekstrakurikuler Pramuka, Kurikulum 2013, Kedisiplinan siswa

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui gambaran  kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 di SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina; (2) untuk mengetahui gambaran kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina; (3) untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan purposive sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan kedisiplinan siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa. Simpulan dari penelitian adalah (1) Keaktifan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina termasuk dalam kategori sangat baik; (2) Kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina termasuk dalam kategori baik; (3) ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 terhadap kedisiplinan siswa SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina

References

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aqib, Zaenal. 2012. Pendidkan Karakter di Sekolah. Bandung: Yrama Widya

Badrullah,dkk. 2016. Metodologi Penelitian. Makassar: Kretakupa

Bundu, Patta. 2016. Assesmen Pembelajaran. Padang: Hayfa Press

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Rinaldi

Fadlillah & Khorida. 2012. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruz Media

Haling, Abdul. 2015. Perkembangan Kurikulum. Universitas Negeri Makassar.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Pekermbangan Anak Jilid 2 (edisi revisi). Jakarta: Erlangga

Hudiyono. 2012. Membangun Karakter Siswa melalui Profesionalisme Guru dan Gerakan Pramuka. Surabaya: Erlangga

Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 11 tahun 2013 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka. Jakarta: Kwarnas Gerakan Pramuka

Mas’ut. 2014. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kedisiplinan Belajar IPS Siswa. Jurnal Pendidikan .Volume 2 Nomor 1 (diakses 28 Februari 2017)

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajara di Era Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Mukhlis, Imam. 2016. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Disiplin Siswa Anggota Pramuka di SD Negeri Sukun 3 Malang. Skripsi online. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (diakses 2 Februari 2017)

Mursitho, Joko. dkk. 2016. Buku Serahan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Universitas Negeri Makassar

Mustari, Muhammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Naim, Ngainun. 2012. Caharacter Building. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

PAH, Tim. Panduan Lengkap Gerakan Pramuka. Surabaya: Pustaka Agung Harapan

PERMENDIKBUD Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Repubil Indonesia

Ramdani, Nilawati Puteri. 2015. Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kemiri Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal. Universitas Negeri Semarang (diakses 28 Februari 2016)

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Rusyan, A. Tabrani. 2006. Pendidikan Budi Pekerti. Bandung: Sinergi

Setyorini, Dwi Elmi. 2016. Pengaruh Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Kedisiplinan Siswa SD Negeri Gugus Cakra Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Skripsi online. Universitas Negeri Semarang. (diaskses 26 Februari 2017)

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sundayana, Rostina. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam penelitian. Jakarta: Change

Suparyanto, Yudi. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan. Klaten:Cempaka Putih

Syahraeni. 2016. Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa Kelas V di SD Inpres Mallengkeri Bertingkat 1 Kota Makassar. Skripsi. Universitas Negeri Makassar

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional: Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Yaumi, Muhammad. 2014.Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Alfianti, E., Muhdar, A., & Mappatokkong, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Kurikulum 2013 terhadap Kedisiplinan Siswa UPT SD Inpres 10/73 Tanete Kecamatan Cina. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 17–24. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.8