Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran SBDP Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone

Authors

  • Evi Alfianti Universitas Lamappapoleonro
  • Wanda Kartikasari Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.19

Keywords:

Pendidikan, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar pada pembelajaran SBdP kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar pada pembelajaran SBdP kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menekankan analisisnya pada data-data numeric (angka) yang diolah dengan metode statistika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu teknik sampling jenuh. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan dokumentasi untuk mengetahui nilai awal sebelum siswa sebelum dilakukan perlakukan dan setelah dilakukan perlakuan. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana

References

Arief, S. S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Daradjat, Z. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Fajriati, R. (2017). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Sub Tema Perubahan Lingkungan di Kelas V MIN bilui Aceh Besar. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Hakim, M. N. (2018). Penerapan Model Audiovisual. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah Dan Asin.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro

Lina Novita. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education.

Makassar, U.N. 2020. Panduan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar: Badan Penerbit UNM

Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani

Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Nurhaedah, A. dan M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe

Snowbal Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan.

Purwono, J. dan S. Y. (2014). Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Rukayah, dkk. (2017). Keefektifan Penggunaan Meida Audiovisual. Dalam Syafruddin Side, dkk. Prosiding Seminar Nasionali Indonesia Melalui Hasil Riset(119-121). Makassar. UNM.

Retnowati, Tri Hartiti, dkk. 2010. Pembelajaran Seni Rupa. Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Negeri Yogyakarta

Sudjana, N. dan A. R. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cetakan 28). Alvabeta.

Suhaya. (2016). Pendidikan Seni Sebagai Penunjang Kreatifitas. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 1–15.

Susanto, A. (2013). Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Kencana. Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi

Informasi (Konsep Dasar, Prinsi Aplikatif, dan Perancangannya)

Susilo, S. V. (2018). Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Upaya Upaya Mengembalikan Jati Diri Pendidikan Indonesia. Cakrawala Pendas

Wirawan, A. (2020). Memaksimalkan layanan informasi berbasis media audio visual: suatu upaya meningkatkan minat belajar siswa di SMP. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel,

Yuliana. (2018). Pengaruh Media AudioVisual. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Downloads

Published

2023-06-16

How to Cite

Alfianti, E., & Kartikasari, W. (2023). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran SBDP Siswa Kelas V SD Inpres 3/77 Data Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(2), 127–134. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.19