Implementasi Asas Trikon dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Anggi Narimawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Relis Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Avista Nurul Habibah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Anastasya Minda Kaka Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Elyada Debora Loba Liku Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Muhammad Hilal Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.38

Keywords:

Pendidikan Karakter, Asas Trikon

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya nilai pendidikan karakter siswa yang mulai diremehkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep ajaran Ki Hajar Dewantara khususnya Trikon dan implementasinya dalam Pendidikan karakter di sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan melakukan kajian sumber literatur berupa jurnal, buku, artikel ilmiah dan sumber-sumber lain yang mendukung penelitian. Pendidikan karakter merupakan kegiatan manusia yang melibatkan tindakan mendidik dan bertujuan untuk generasi berikutnya. Sekolah dasar merupakan salah satu tempat untuk mengembangkan Pendidikan karakter bagi anak. Pendidikan karakter di sekolah dasar dapat dikembangkan melalui implementasi asas Trikon

References

Aeni, Ani Nur. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Prespektif Islam. Vol 1, No. 1.April 2014.

Fatmah,A N. (2018). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 369~387. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.602.

Haryanto, (2011). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Universitas Negeri Yogyakarta.

Insani, N., Furnamasari, Y. F, & Dewi, D. A. . (2021). Penerapan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar dalam Upaya Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8937–8941. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2402f

Jalaludin. (2012).Membangun SDM Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Vol. 13, No. 2. Oktober 2012.Vol 6 Nomor 4 Tahun 2022 Research & Learning in Elementary Education.

Radjilun M.S, Abas H.T. (2023). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara dan Penguatannya di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Rohmah Fatmawati D. (2017). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Untuk Memperbaiki Moral Generasi Bangsa. Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryana C, Muhtar T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Vol 6 No 4. Jurnal Basicedu.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Narimawati, A., Relis, R., Nurul Habibah, A., Minda Kaka, A., Loba Liku, E. D., & Hilal, M. (2024). Implementasi Asas Trikon dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 2(2), 81–87. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.38