Peran Guru Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.37Keywords:
Peran Guru, Jiwa Kepemimpinan, Trilogi KepemimpinanAbstract
Pendidikan salah satu aspek yang sangat penting bagi kehidupan setiap manusia dan juga kemajuan suatu bangsa. Setiap manusia berhak untuk mendapatkan Pendidikan, sehingga pendidikan tidak dapat dipisahkan mulai dari masa kanak-kanak hingga akhir hayat. Pada penelitian ini, dibahas peran guru dalam membentuk jiwa kepemimpinan siswa melalui trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, dimana sumber data didapatkan dari beberapa referensi artikel dan jurnal. Data yang telah didapatkan kemudian dikumpulkan untuk mengetahui informasi mengenai peran guru dalam penerapan sikap kepemimpinan. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa peran guru dalam membentuk jiwa kepemimpinan melalui ajaran ing ngarsa sung tuladha yaitu, guru sebagai teladan atau contoh. Guru tentunya harus berperilaku konsisten dalam menjalankan perintah agama serta perlu mempunyai kualitas perilaku pribadi tertentu. Untuk ing madya mangun karsa sendiri memiliki arti bahwa seorang guru/pemimpin ketika berada di tengah-tengah, berada diantara siswa, diharapkan mampu menumbuhkan semangat bagi siswanya (Nugroho, 2017). Guru perlu memberikan arahan dan saran untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka. Sedangkan, tut wuri handayani memiliki arti bahwa ketika berada di belakang, guru/pemimpin mampu memberikan dukungan/dorongan kepada siswa baik secara moral maupun materil (Nugroho, 2017). Dari penelitian ini didapatkan bahwa peran guru tidak lepas dari ketiga elemen Trilogi Kepemimpinan
References
Asmani, Jamal.2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Ikmal, H., Mumtahana, L., & Fialriyadi, M. B. (2022). Peranan Guru Dalam Implementasi Trilogi Ki Hajar Dewantara Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Roudlatul Muta’abbidin Lamongan. Jurnal Al-Murabbi, 7(2), 245-262.
Kusumaningrum, Y. D. (2014). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta Didik Di SMA Al Hikmah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 190-200.
Leo Agung, S. (2022). Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 5, No. 1, p. 160).
Manizar, E. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Minarti, L. (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Jiwa Kepemimpinan Siswa. Cirebon: PT Arr Rad Pratama.
Nugroho, L. (2017). Implementasi Trilogi Kepemimpinan Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Di SD Taman Muda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(3), 205-214.
Riofita, H. (2016). Bentuk Peranan Guru Dalam Memberikan Pendidikan Kepemimpinan. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 85-104.
Wardani, I. K., Nugroho, A. C., Sabekti, M., Sutopo, A., & Anif, S. (2024). Kepemimpinan Berbasis Trilogi Pendidikan Ki Hajar Dewantara “Ing Ngarso Sun Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani” Untuk Menunjang Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2491-2502.
Wardani, I. S. (2017). Guru sebagai Pemimpin Pendidikan.
Marliani, L., & Djadjuli, R. D. (2019). Menakar Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Di Era Globalisasi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(2), 74-80.
Tanjung, N., Adawiyah, H., Nurfadilah, S., & Puta, M. A. (2023). Peran Guru dalam menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Pada Anak Usia Dini di TK. At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies, 1(1).
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.