Peran Guru dalam PembeJaran Berdiferensiasi pada Pelajaran SBdP di SD Negeri 1 Tanjung
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.34Keywords:
Peran Guru, Pembelajaran Berdiferensiasi, Siswa inklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran SBdP untuk peserta didik inklusi dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk siswa inklusi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif Studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi pada Pelajaran SBdP kepada siswa inklusi. Guru mempunyai peranan sebagai fasilitator, sebagai adminitator, serta inspirator. Dan peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasit pada Pelajaran SBdP terakit 4 komponen 1)Diferensiasi Konten, 2)Proses, 3)Produk dan 4)Lingkungan Belajar. Faktor pendorong implementasi peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi pada Pelajaran SBdP kepada siswa inklusi yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan manajemen inklusi dan guru pendamping yang selalu memberikan motivasi kepada guru dan menyelenggarakan berbagai pendampingan bagi guru melalui berbagai kegiatan seminar, in house training maupun kegiatan workshop tentang penanganan teknik mengajar siswa inklusi dengan baik. Adapun faktor penghambat pelaksanaan peran guru dalam pembelajaran berdiferensiasi pada Pelajaran SBdP kepada siswa inklusi adalah pada kesiapan guru dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi
References
Amalia, K. Rasyad, I. & Gunawan, A. (2023). Diferentiated Learning As Learning Inovation, (JTEL) Journal Of Education And Teaching Learning 5(2), 185-193.
Anwar, N. R. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar, Jurnal pendidikan dan kewirausahaan. 9(1), 210-220.
Arifin, Z. (2021), Peran Guru di Sekolah dan Masyarakat, Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(1), 43-50.
Bahri.(2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar, EdukatifJurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94-100.
Creswell, J.W. (2014). Research Design Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853.
Goswami, P. (2022). Attitude of teachers towards inclusive education at elementary level of Golaghat District, Assam (India). International Journal of Health Sciences, 6(S2), 5490– 5501.
Gustyas, A. D., Mareza, L., Ernawati, A. (2021). Kreativitas Guru SD N 1 Purbalingga Wetan Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 9(1), 22.
Hanifah, D. S. Annasjla, B. H. Saraswati, W. & Meilanny, B. S, (2021), Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar, 2(6), 473-483.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Marlina. Efrina. E. & Kusumawati. G. (2019), Differentiated Learning for Students with Special Needs in Inclusive Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, (382), 678-681.
Mavidou, A., & Kakana, D. (2019). Differentiated Instruction in Practice: Curriculum Adjustments in Kindergarten. Creative Education, 10, 535-554.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2), 8839–48.
Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.
Rahmawati. I. Basith. A & Toba. R. Learning Model For Special Needs Children (ABK) In Inclusive Primary Schools. Southeast Asian Journal of Islamic Education. 3(2), 111-132.
Safariah & Fajriati, R. (2023), Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Memanfaatkan Barang Bekas pada Mata Pelajaran SBdP, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 60-68.
Safitri. D. (2019), Menjadi guru profesional, PT. Indragiri Dot Com.
Saleh, Meylan. (2020). ‘Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosding Seminar Nasional Hardiknas, 1(1),51-56.
Suratno, J. Sari, D. P. & Bani, A. (2022). Kurikulum dan Model-Model Pengembangannya. Jurnal Pendidikan guru matematika, 2(1), 67-75.
Wahyuni. C. (2022), Parental Involvement and the Achievement of Students With Special Education Needs in Indonesia. Exceptionality Education International, 32(1), 14-34.
Wulandari, R. Choirun, F. M. Nisa. Aisy, N. R,. & Riduan. (2022). Pengolahan Manajemen Kurikulum Usia Dini di Kelompok Bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidispliner Bharasumba, 1(1), 164-174.
Yestiani. D. K. & Zahwa. N. (2020), Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada siswa Sekolah Dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 41-47