Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SD Muhammadiyah Purwokerto

Authors

  • Entin Ma'arifah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lia Mareza Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.35

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam literasi numerasi, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan literasi numerasi di SD Muhammadiyah purwokerto. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancaea, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, peserta didik di SD Muhammadiyah Purwokerto berada pada level penerapan (applying) dalam literasi numerasi. Mereka tidak hanya memahami konsep-konsep numerasi tetapi juga mampu menerapkannya dalam situasi nyata. Komitmen kuat sekolah dalam meningkatkan literasi numerasi melalui pembelajaran yang relevan dan program-program pendukung telah membekali peserta didik dengan keterampilan berpikir kritis yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

Author Biography

Lia Mareza, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

References

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran literasi: strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta Timur: Bumi aksara.

Bakrun. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. Surakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

GLN, T. 2017b. Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: PT. Gramedia.

Jihan, L., & dkk. (2023, October). Quo Vadis PendidikanIndonesia:Kurikulum Berubah, Pendidikan Membaik? Jisma: Jurnal of Information Systems and Management, 2(5), 22.

Kemdikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Direktorat Jendral Paud, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Dasar.

Khadijah. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Latifah. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basiedu, 5026.

Mardhiyah, R. H., & dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 33.

OECD. (2023). PISA 2022 Released Main Survey New Mathematics Items. German: Better Policies For Better Lives.

Wiedart, P. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pndidikan Dasar dan Menengah.

Yana, N. I., & dkk. (2021). Pengantar dan Konsep Pembelajaran Kewarganegaraan (Spesifikasi Guru PKn di SD/MI) (Vol. viii). Yogyakarta: K-Media.

Zamjani, I. (2023). Penguatan Literasi dan Numerasi melalui Kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Kemdikbudristek.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ma’arifah, E., & Mareza, L. (2024). Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SD Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 2(2), 59–64. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.35