Analisis Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Soppeng

Authors

  • Riskayani Riskayani Universitas Lamappapoleonro
  • Muh. Nasir Malik Universitas Negeri Makassar
  • Abdul Muis Mappalotteng Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.12

Keywords:

Kinerja Guru, Sertifikat Pendidik, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Kompetensi

Abstract

Kualitas pendidikan dapat dimulai dengan meningkatkan kinerja guru. Kinerja guru merupakan tingkat keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta kemampuan untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan. Kinerja guru sangat penting untuk diperhatikan dan dievaluasi karena guru mengemban tugas professional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat/jenjang pendidikan terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik, (2) pengaruh pengalaman mengajar terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik, (3) pengaruh kompetensi dengan kinerja guru bersertifikat pendidik, (4) pengaruh secara bersama-sama antara tingkat/jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan kompetensi guru terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di SMK Negeri se-Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis dengan menguji normalitas data, liniearitas dan homogenitas. Analisis data yang dipakai berupa analisis regresi untuk menjawab rumusan masalah penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat/jenjang pendidikan hanya memberikan kontribusi sebesar 0,1% terhadap kinerja guru. (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman mengajar hanya memberikan kontribusi sebesar 1,5% terhadap kinerja guru. (3) terdapat pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di SMKN Se-kab Soppeng dengan memberikan kontribusi sebesar 5,4 %. (4) terdapat pengaruh secara bersama-sama tingkat/jenjang pendidikan, pengalaman mengajar dan kompetensi guru terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik di SMKN se-Kabupaten Soppeng dengan memberikan kontribusi sebesar 8,1 %

References

Azwar, K., Murniati, A.R., 2015. Pengaruh Sertifikasi dan Kinerja Guru terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. Program Pascasarjana. Unsyiah 3

Kompri, 2017. Manajemen Pendidikan (Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kunandar, 2014. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saondi, O., Suherman, A., 2015. Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Situmorang, J.B., Winarno, 2019. Pendidikan Profesi & Sertifikasi Pendidik: Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial. Klaten, Saka Mitra Kompetensi.

Sudarma. (2013). Profesi Guru Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2022-12-02

How to Cite

Riskayani, R., Malik , M. N., & Mappalotteng, A. M. (2022). Analisis Kinerja Guru Bersertifikat Pendidik Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Soppeng. Jurnal PGSD Universitas Lamappapoleonro, 1(1), 56–63. https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i1.12