Fungsi Komunikasi Dalam Meningkatkan Motivasi Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN Calio
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.21Keywords:
Fungsi Strategi Komunikasi pendidik, Prestasi Belajar Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi strategi komunikasi dalam meningkatkan motivasi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar negeri Calio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui pemakaian atau penggunaan fungsi komunikasi pendidik sebagai komunikator dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Calio berada pada kategori tinggi. (66,67%) hal ini menegaskan bahwa penggunaan media kelas kontrol dan media kelas eksperimen sebagai fasilitator, mediator, demostrator, tutor, motivator sehingga berdampak baik dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Calio. Prestasi belajar pada mata pelajaran matematika peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Calio, berada pada kategori tinggi.(53,34%) hal ini memberikan apresiasi dan keinginan oleh pendidik sebagai komunikator bahwa dengan penerapan fungsi-fungsi komunikasi pendidik di atas, maka akan semakin meningkat, hasil belajar pada mata pelajaran matematika mereka pada setiap akhir semester. Pengaruh fungsi komunikasi pendidik sebagai komunikator dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran matematika peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Calio sangat berpengaruh. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1). Bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan pada peserta didik yang diberikan perlakuan menandakan bahwa betapa efektifnya penggunaan metode kelas eksperimen dan kelas kontrol pada setiap aktivitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Dalam penelitian ini, penulis mendapatkan antusiasme peserta didik dalam kegiatan belajar karena pendidik memberikan kesempatan pada setiap kegiatan belajar berlangsung
References
Achmad A. S, 2019. Media Massa dan Khlayak. Lembaga Penerbitan Universitas Hasanuddin. Ujung Pandang.
Ali, Muhammad. 2018. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Anas, M. 2022. Kaitan Antara Perilaku Orang Tua, Bentuk Interpretasi Terhadap Frustasi, Dan Kecenderungan Agresi Remaja (Tesis). Fakultas Pascasarjana Universitas Padjajaran. Bandung.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian.PT. Rineka Cipta. Bandung.
Badingah, Siti. 2019. Kaitan Pola Asuh, Tingkah Laku Agresif Oran Tua dan Kegemaran Menonton Film Kekerasan (Tesis). Pascasarjana Universitas Indonesia. Jakarta.
Budiyono, Amirullah Haris. 2020. Pengantar Manajemen. PT Graha Ilmu. ed. 2. Yogyakarta.
Bulaeng, Andi. 2022. Teori dan Manajemen Riset Komunikasi. Narendra. Jakarta.
Cangara, Hafied. 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Danim, Sudanwan. 2018. Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Dedi, Supriawan dan Benyamin A. Surasega. 2019. Strategi Belajar Mengajar (Diklat Kuliah). FPTK-IKIP. Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2022. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Effendy, Onong Uchajana, 2022. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya. Cet. 13. Bandung.
Felber,Terry. 2020. Kiat Praktis Komunikasi. PT. Bhuana Ilmu Populer. Jakarta.
Ginanjar, Ari. 2020. Rahasia Sukses Membangun ESQ. Arga. Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2021. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Haryoko, Sapto. 2020. Pengajaran dan Pembelajaran Contekstual (CTL). Alfabeta. Jakarta.
Hartuti, P. 2020. Mengembangkan Kepribadian dan Mengubah Perilaku Anak Agar Siap Menghadapi Tantangan Global. CV. Citra. Malang.
Ibrahim, M. 2020. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pasca Sarjana(PPS). Unesa University Press.
Ibrahim R dan Syaodin S. Nana. 2023. Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Krismanto, Al. 2020. Penilaian Bahan Penataran. PPPG Matematika. Yogyakarta.
Malik, Tahir. 2019. Metodologi Penelitian dan Aplikasi. Pustaka Pena Press. Makassar.
Narbuko,Chalid. 2017. Metodologi Penelitian. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Nurdin. 2017. Model Pembelajaran Matematika Yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Sebagai Bahar Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. PPS Universitas Negeri Surabaya.
Nur. M dan Retno W. 2020. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendidikan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Universitas Negeri Surabaya.
Nurdin, Muhammad. 2020. Kiat Menjadi Guru Professional. Prisma Sofie, Cet. Ke-1. Yogyakarta.
Nurdin, Syarifuddin. 2022. Guru Professional dan Implementasi Kurikulum. Ciputat Press. Cet. Ke-2. Jakarta.
Nurudin. 2020. Sistem Komunikasi Indonesia. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta.