Peran Guru Dalam Pemanfaatan E-Learning dan Motivasi Proses Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v1i2.22Keywords:
Guru, Motivasi Proses Belajar, E-LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pemanfaatan e-learning pada masa covid 19 di SMK Negeri 3 Soppeng. (2) Mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi proses belajar dalam pemanfaatan e-learning pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 3 Soppeng (3) Mengetahui motivasi proses belajar dalam pemanfaatan e-learning pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 3 Soppeng. Penelitian ini dilaksananakan selama 2 bulan yaitu dimulai pada bulan Januari 2023 sampai dengan bulan Maret 2023. pada SMK Negeri 3 Soppeng. Dalam penelitian ini data diperoleh melalui teknik dokumentasi danwawancara. Berdasarkan hasil Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Proses Belajar Untuk Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 3 Soppeng, maka penulis berharap Pemanfaatan E-learning dalam proses belajar digunakan sebagai media yang sangat membantu proses pembelajaran guru dalam melakukan interaksi dengan peserta didik selama masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 3 Soppeng
References
Abdul Wahab Aziz,2019. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta,
Alfian. “Jurnal Pengelolaan E-learning di SMK Negeri 1 , Bulukumba Tahun 2018.
Arifin Muhammad dkk, 2019. E-Learning Berbasis Edmodo, Cet 1; Yogyakarta: Deepublisih.
Arikunto 2020 Metodologi penelitian suatu pendekatan proposal , Jakarta: Rineka Cipta.
______________2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
___________,2020 Manajemen penel;itian Edisi Baru,Jakarta: Rineka Cipta
___________,2018 Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Annaisaburi Abu Husain Muslim bin Hajjaj Alqusyairi, Shahih Muslim, Kitab. Kepemimpinan, Juz 2, No. 1829, Darul Fikri: Beirut-Libanon, 1993 M
Anwar Prabu Mangkunegara, 2019 Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azyanti, Sri, 2018. Motivasi Kepala Sekolah, Jakarta: Yudha Engglish Galery.
Basri , Hasan, 2019. Kepemimpinan Kepala sekolah, Bandung: CV, Pustaka Setia
Burhanuddin Yasak, 2018. Administrasi Pendidikan, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia
Chaniago Nasrul Syakur, 2019. Manajemen Organisasi, (Bandung: Ciptapustaka Media.
Daryanto, Media Pembelajaran, 2020. Yogyakarta: Gava Media.
Dermawan Ikhsan Prasetyo Jati, 2019. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah 2 Bantul.
Djauhar Mohammad dan Nur Hamiyah, 2018. Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolah Cet. 1; Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Dzaky , Ahmad, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 14 No.26 Oktober 2016, Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Pada Ma Muhammadiyah 1 Banjarmasin
Efendi , Nur, 2018. Islamic Educational Leadership, Yogyakarta: Kalimedia.
Fathoni , Abdurrahmat, Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta,2006.
file:///C:/Users/ACER/Downloads/527-1940-1-PB.pdf, tgl 27 Desember 2020
Furchan , Arief, 2019. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Surabaya: Usaha Nasional.
Gusti Sri dkk 2020., Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid 19 Konsep, Strategi Dampak dan Tantangan, Cet.1; Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Hamzah Uno, 2019. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara..
Hasibuan , Malayu, 2020 Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi, Jakarta: Bumi Aksara.
............................., 2018 Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara
…........................., 2019. Organisasi dan Motivasi. Bandung: Bumi Aksara.