Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri N Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa Di Sd Negeri Karanggondang
DOI:
https://doi.org/10.57093/jpgsdunipol.v2i2.36Keywords:
Ajaran Tamansiswa, Tri N, Kreativitas, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian berikut untuk mendeskripsikan mengenai upaya meningkatkan kreativitas peserta didik melalui pengimplementasian fatwa Tri N (niteni,nirokke,nambahi) di Sekolah Dasar. Desain penelitian berikut mengacu pada penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian sebagai narasumber penelitian ini ialah peserta didik. Model dari instrumen ini ialah dengan menggunakan lembar observasi kegiatan belajar mengajar serta lembar observasi atau rubrik observasi tingkatan kreativitas peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, serta rubrik observasi perilaku kreatifitas peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan seperti proses reduksi data, pengajuan, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi ajaran Tri-N membuahkan peserta didik mempunyai kreativitas yang tinggi sehingga dapat membuahkan ciptaan yang kreatif dan inovatif
References
Rita Rahmaniati. (2022). Kreativitas Guru Dalam Menggunaan Media Pembelajaran Matematika Kelas IV. Vol 8 No 1, Desember 2022 (1-10), 8, 1-10.
, I. R. (n.d.). PENERAPAN KONSEP 3N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) UNTUK. ISBN: 978-602-6258-07-6, 634-638.
Ana Fitrotun Nisa1; Zuhdan Kun Prasetyo2. (2019). TRI N (NITENI, NIROAKE, NAMBAHAKE) DALAM. Vol.11 No.2 Desember 2019, 11, 101-116.
Nuning Budiati1), I. A. (n.d.). PENERAPAN KONSEP 3N (NITENI, NIROKKE, NAMBAHI) DALAM. ISBN: 978-602-6258-07-6, 486-490.
Yuni Martha Nainggolan, Adelina Hasyim, M. Mona Adha . (2012). PENGARUH SIKAP KASIH SAYANG GURU TERHADAP PERILAKU SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, 1-18.